Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 3 No. 1 (2022): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Upaya Guru Sejarah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Siswa di SMA

Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Khatimah, Husnul (Unknown)
Yasin, Ilyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul upaya guru sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Bolo dengan tujuan mendeskripsikan upaya guru sejarah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Bolo. Data dianalisis secara deskriptif kuatitatif dengan hasil (1) Pengimplementasian Pendidikan Karakter dari Aspek Kedisiplinan yaitu dengan Pengimplementasian nilaiĀ  dalam memberi teladan untuk disiplin waktu, guru sejarah berupaya mewujudkan dengan selalu berusaha masuk kelas tepat waktu, bahkan 5 menit sebelum waktu pembelajaran guru sejarah sudah ada di depan kelas. (2)Pengimplementasian Pendidikan Karakter dari Aspek Kedisiplinan melalui Menanamkan sikap religius kepada siswa melalui salam pembuka dan penutup, (3) Pengimplementasian Pendidikan Karakter dari Aspek Tanggung Jawab adalah siswa di minta untuk mengerjakan semua latihan yang diberikan dan harus diserahkan ke guru. Jika ada siswa yang tidak mengerjakan maka guru akan menegur dan memberi sanksi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...