Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022

Kajian Penelusuran Kompetensi Lulusan Program Studi D3 Konstruksi Sipil PNJ

Muhammad Fathur Rouf Hasan (Unknown)
Denny Yatmadi (Unknown)
Amalia Amalia (Unknown)
Budi Damianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri kondisi dan kompetensi lulusan program studi (prodi) D3 Konstruksi Sipil (KS) tahun lulus 2017-2019 di dunia kerja. Hasil tracer study ini merupakan informasi dan data akurat tentang kondisi lulusan di dunia kerja sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kompetensi lulusan, melakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum, memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran, dan sebagai persyaratan dalam akreditasi institusi. Metode yang digunakan di dalam tracer study ini adalah deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh alumni program studi D3 Konstruksi Sipil jurusan Teknik Sipil PNJ lulusan tahun 2017 sampai dengan 2019 yang berjumlah sekitar 160 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik proporsional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan prodi D3 KS bekerja sebagai pelaksana, pengawas lapangan, dan quantity surveyor di bidang konstruksi bangunan sipil. Masa tunggu rata-rata lulusan untuk memperoleh pekerjaan pertama kurang dari 3 bulan dengan gaji pertama Rp 3 juta – Rp 5 juta. Tingkat penguasaan kompetensi inti, pengetahuan umum, penguasaan internet, dan computer lulusan cukup tinggi. Kemampuan komunikasi bahasa inggris lulusan rendah. Kemampuan soft skills lulusan yang menonjol pada Kemampuan dalam memegang tanggung jawab, bekerja di bawah tekanan, dan Kemampuan Bekerjasama dalam Tim

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...