Papua Journal Physics Education
Vol 1 No 2 (2020): Papua Journal of Physics Education (PJPE)

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MEREDUKSI PERBEDAAN PENALARAN ILMIAH DAN PERFORMANCE ARGUMENTASI

Viyanti, Viyanti (Unknown)
Suyatna, Agus (Unknown)
Dinatikan, Haza Kurnia (Unknown)
Budiarti, Indah Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan LKPD berbasis PjBL-STEM yang mampu mereduksi perbedaan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, angket dan analisis dokumen. Hasil pengumpulan data menunjukkan: (1) bahan ajar yang tersedia berupa ringkasan materi dan kumpulan soal, (2) permasalahan yang termuat dalam LKPD belum mengakomodasi gaya belajar dan pengetahuan awal siswa, serta (3) kurang melatih kemampuan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, peneliti merekomendasikan perlu dikembangkan LKPD yang mampu mereduksi perbedaan penalaran ilmiah dan performance berargumentasi siswa untuk mempermudah guru dalam mengakomodasi gaya belajar dan pengetahuan awal siswa yang beragam.ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PjBL-STEM UNTUK MEREDUKSI PERBEDAAN PENALARAN ILMIAH DAN PERFORMANCE ARGUMENTASI

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran ...