BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Binomial

ANALISIS SIKAP BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SECARA ONLINE

Wiwin Pramita Arif (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Putri Athirah Azis (STKIP Pembangunan Indonesia)
Syahriani Syahriani (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Syamsul Syamsul (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Anisa Anisa (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Saparuddin Saparuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap belajar mahasiswa terhadap Pembelajaran online pada Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket (skala Linkert). Responden penelitian berjumlah 30 mahasiswa sebagai populasi pada mahasiswa angkatan 2019 Program Studi Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan Angket/kuesioner adalah instrumen Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bertujuan mengumpulkan data mengenai variabel sikap siswa dengan jumlah item yang disusun adalah 15 item pernyataan dengan menggunakan skala likert yang meliputi sikap belajar (1) Sungguh-sungguh dalam belajar, (2) menyelesaikan tugas, (3) Berpartisipasi dalam pembelajaran, (4) Kreativitas. Sikap belajar siswa selama pembelajaran online adalah kategori netral dengan jumlah frekuensi sebesar 15 responden dan persentasenya 50%. Hal ini menunjukkan baik pembelajaran secara offline dan online tidak mempengaruhi dengan sikap belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...