Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 4 No 2 (2022): Jambura Early Childhood Education Journal

Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Nur Insana, Sucita (Unknown)
Ismail, Wahyuni (Unknown)
Marjuni, Marjuni (Unknown)
Agusriani, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun sebelum kegiatan kolase berbahan bekas, mengetahui gambaran perkembangan motorik halus halus anak usia 5-6 tahun setelah kegiatan Kolase berbahan bekas. untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan kolase berbahan bekas terhadap perkembangan motorik halus halus anak usia 5-6 Tahun di BTN Taman Reski Kec.Galesong Kab. Takalar. Desain Pre-Exprimental Design bentuk desain one group pretest posttets. Populasi digunakan dalam penelitian ini seluruh anak usia dini yang berada di BTN Taman Reski Kec. Galesong berjumlah 50 anak. pengambilan sampel penelitian ini teknik sampling purposive yaitu anak usia dini berumur 5-6 tahun 5 anak. Instrumen lembar observasi, tes unjuk kerja, dokumentasi. teknik analisis data statistik non parametri bertanda Wilcoxon sign rank test bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian diperoleh dari: perkembangan motorik halus anak sebelum perlakuan kegiatan kolase berbahan bekas ditemukan bahwa hasil pretest dengan rata-rata 20,4. Perkembangan motorik halus halus anak usia 5-6 tahun setelah diberiperlakuan kegiatan Kolase berbahan bekas ditemukan bahwa nilai posttest 34,6.terdapat Pengaruh kegiatan kolase berbahan bekas terhadap perkembangan motorik halus halus anak usia 5-6 Tahun di BTN Taman Reski Kec.Galesong Kab.Takalar dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...