Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 1 (2022)

Analisis Keaktifan Pembelajaran Daring Siswa Kelas XI MIPA I SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Rahmawati, Apri (Unknown)
Mualifah, Siti (Unknown)
Rahmawati, Tuti Fatma (Unknown)
Istiqomah, Dwi Meilinda (Unknown)
Saifuddin, Much Fuad (Unknown)
Ma'rifah, Destri Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Keaktifan siswa membantu tercapainya keberhasilan proses pembelajaran. Adanya pembelajaran daring cenderung merubah keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan subjek siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 43 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan aktivitas visual 73,7%, aktivitas mendengar 73,7%, aktivitas oral/lisan 42,1%, aktivitas menulis 47,4%, dan aktivitas mental 52,6%. Aktivitas kegiatan pembelajaran kelas XI MIPA I yaitu 57,9% dengan kriteria kurang baik. Siswa dalam pembelajaran daring cenderung hanya mendengarkan penjelasan guru, jarang melakukan interaksi dengan guru, mengemukakan/pendapat dan bertanya.Keywords: Aktivitas siswa, Pandemi Covid-19ΒΈ Pembelajaran online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...