Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Model untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SD Negeri 7 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019

Nur Rofiqoh (Unknown)
Ngatman Ngatman (Unknown)
Joharman Joharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 7 Kutosari dengan menerapkan model discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dengan media model dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 7 Kutosari tahun ajaran 2018/2019. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...