EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Information System Success Model: Analisis Praktik e-Learning di Perguruan Tinggi

Yulis Nuryanti (STMIK Insan Pembangunan)
Masduki Asbari (STMIK Insan Pembangunan)
Multi Nadeak (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung)
Jainuri Jainuri (STMIK Insan Pembangunan)
Lala Hucadinota Ainul Amri (Politeknik Negeri Media Kreatif)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional para pimpinan di salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang terhadap information system success model (kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan). Demikian juga mengukur pengaruh ketiga variabel mocel tersebut terhadap kepuasan pengguna sistem e-learning di kampus. Jumlah sampel penelitian sebanyak 170 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode analisis yang digunakan SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap ketiga variabel information system success model. Demikian juga, kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem e-learning. Penelitian ini dapat menjadi pijakan penelitian sejenis berikutnya, yang hingga saat ini masih relative minim eksplorasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...