JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat

Shintya Azzahra (Universitas Jambi)
Nuri Istifah Khasanah (SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat)
Dwi Agus Kurniawan (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)
Gunawan Wibisono (Universitas Jambi)
Devi Permata Sari (Universitas Jambi)
Okta Senira Mamora Nasution (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2022

Abstract

Fisika pada kenyataannya menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami dan membosankan sehingga membuat kurangnya ketertarikan minat belajar fisika pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran fisika menggunakan website sebagai media pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat pada tahun ajaran 2021/2022. Dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat dengan jumlah sampel sebanyak 25 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu nilai standar deviasi lebih kecil dari pada mean (2,58972 < 10,9600) atau data dapat dikatakan valid. Hasil lain berdasarkan pengkategorian angket, bahwa terdapat 4% peserta didik yang tidak tertarik terhadap website sebagai media pembelajaran fisika, 20% peserta didik dikategorikan biasa saja, 56% peserta didik dikategorikan tertarik, dan 20% peserta didik dikategorikan sangat tertarik. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat memiliki ketertarikan terhadap website sebagai media pembelajaran fisika dengan persentase keseuruhan yaitu sebesar 76%. Hasil analisis ini diharapkan mampu menjadi dasar bahan rujukan bagi peneliti lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...