Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 4, No 1 (2022): April 2022

PENERAPAN METODE SCRAMBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V SDIT SABILUL QUR’AN CENDEKIA

Maftukhah, Maftukhah (Unknown)
Jaelani, Aceng (Unknown)
Alfiani, Dwi Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bagaimana Penerapan Metode Scramble dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia, Mendeskripsikan kemampuan kosa kata bahasa arab siswa kelas V di SDIT Sabilul Qur’an cendekia dengan menggunakan metode scramble, Mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode pembelajaran scramble pada kosakata Bahasa Arab di kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulaan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing verivication). Sementara untuk subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa arab dan siswa kelas V SDIT Sabilul Qur’an Cendekia Cirebon. Hasil Penelitian ini adalah (1) Penerapan metode scramble guru membuat perencanaan pembelajaran yang meliputi menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran, dan pemilihan media.(2) Meningkatanya hafalan kosa kata bahasa arab dengan menggunakan metode scramble (3) Faktor pendukung penerapan metode ini siswa diterapkan pembiasaan berbicara menggunakan bahasa arab ketika pembelajaran berlangsung dan siswa mengikuti MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah) disekitar rumah. sementara faktor penghambat metode ini masih ada siswa yang tidak mampu dalam membaca dan menghafal bahasa arab, suasana kelas yang gaduh dan keterbatasan waktu belajar saat pandemi yang mengakibatkan waktu hafalan dan mengerjakan tugas menjadi terbatas. Kata Kunci: Metode Scramble, Pembelajaran Bahasa Arab dan kosa kata

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...