Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatan kemampuan membaca cepat siswa yang selama ini belum mengaktifkan. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Gall, Gall dan Borg. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar swasta kota Medan. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Produk yang dikembangkan dilakukan ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok lapangan. Selanjutnya dilakukan pengujian keefektifan dan kepraktisan model pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa sekolah dasar yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Keseluruhan perangkat model pembelajaran inkuiri berbasis (2) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa, hal ini terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga thitung (9,98) lebih tinggi daripada ttabel (2,00), dan (3) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan skor 3,39 kategori praktis tanpa perbaikan.
Copyrights © 2019