PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019): PEDAGOGI

MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA

Epi Supriyani Siregar (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Medan, 20227, Indonesia)
Alwi Fahruzy Nasution (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, Indonesia)
Dicky Edward Daulay (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, Indonesia)
Joko Priono (Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatan kemampuan membaca cepat siswa yang selama ini belum mengaktifkan. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Gall, Gall dan Borg. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar swasta kota Medan. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat pembelajaran yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Produk yang dikembangkan dilakukan ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok lapangan. Selanjutnya dilakukan pengujian keefektifan dan kepraktisan model pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan: (1) model pembelajaran yang dikembangkan adalah model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa sekolah dasar yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring. Model pembelajaran yang dikembangkan dilengkapi dengan perangkat yaitu buku model, rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, dan buku siswa. Keseluruhan perangkat model pembelajaran inkuiri berbasis (2) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar siswa, hal ini terbukti melalui pengujian statistik t-test di mana peroleh harga thitung (9,98) lebih tinggi daripada ttabel (2,00), dan (3) model pembelajaran inkuiri yang dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan skor 3,39 kategori praktis tanpa perbaikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...