Luqman merupakan salah satu nama yang diabadikan dalam Qur’an sebagai nama surah. Keistimewaan Luqman dicerminkan sebagai sosok yang arif dalam mendidik anak. Tulisan ini menganalisa nilai-nilai pendidikan dan sosial yang terdapat dalam QS. Luqman: 12-19. Fokus pembahasan penelitian ini yaitu apa saja nilai (pendidikan dan sosial) yang dapat diteladani dari sosok Luqman, bagaimana implementasi nilai tersebut, serta bagaimana implikasinya bagi dunia pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) nilai pendidikan dan sosial yang terkandung dalam QS. Luqman: 12-19 meliputi sikap bersyukur (pandai berterima kasih), pendidikan tauhid, berbakti pada orangtua, beramal shalih, beribadah dan amar ma’ruf nahi munkar, serta rendah hati dan bersikap sederhana; (2) implementasi nilai tersebut dilakukan dengan cara ceramah, nasihat dan memberi tamsilan (perumpamaan); (3) implikasi dari pendidikan yang diberikan sesuai QS. Luqman ialah menjadikan peserta didik mengenali jati diri, memahami ukhuwah (persaudaraan) dan meningkatkan kualitas akhlak.
Copyrights © 2021