Student Journal of Community Education
Volume 2 No. 1: Agustus 2022

Hubungan Lingkungan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket B

Firman Hulukati (Universitas Negeri Gorontalo)
Rusdin Djibu (Universitas Negeri Gorontalo)
Icam Sutisna (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi peserta didik paket B. penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan belajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik paket B di SKB Kota Gorontalo. Penelitian dilaksanakan di SKB Kota Gorontalo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik angket yang terdiri dari dua variabel, dan analisis menggunakan analisis uji validitas, uji reabilitas, normalitas dan serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan uji signifikansi. Hasil penelitian mengenai hubungan antara lingkunganbelajar dimasa pandemi covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik paket B.Hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung>Ttabel=4,3232>2,035 (signifikan), ternyata nilai Thitung lebih besar dari Ttabel (Thitung>Ttabel) menunjukan bahwa H0 diterima. Maka dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 0,05 terdapat hubungan antara lingkungan belajar dimasa covid-19 dengan motivasi belajar peserta didik Program paket B di SKB Kota Gorontalo.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SJCE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and ...