Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal

Reski Wening Asmarani (Universitas PGRI Semarang)
Ervina Eka Subekti (Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu terdapat peserta didik yang memiliki kemampuan membaca lancar dan kemampuan membaca kurang lancar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil kemampuan membaca serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi kemampuan membaca peserta didik kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumntasi. Penelitian mengambil subyek 1 kelas yaitu kelas III dengan sampel 4 peserta didik dan 4 orang tua peserta didik serta guru kelas SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal diolah dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca peserta didik kelas III yang berjumlah 13 anak, beberapa diantaranya belum mampu membaca dengan lancar. Peserta didik yang memiliki kemampuan membaca kurang lancar hanya mampu membaca beberapa suku kata dan masih mengeja, sedangan peserta didik yang memiliki kemampuan membaca yang baik sudah mampu membaca huruf, suku kata, kata hingga kalimat dengan benar dan lancar. Kemampuan membaca peserta didik Kelas III SDN 1 Selokaton Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dalam tahap membaca permulaan. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca dari penelitian ini yaitu faktor fisiologi, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...