Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus)

Keefektifan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Hamdani, Muh (Unknown)
Mulyono, Ana (Unknown)
Habiburrahman, Lalu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji, perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis tinggi dan rendah. Populasi  penelitian seluruh siswa PAUD di Kabupaten Lombok Utara, NTB.  Sampel penelitian dipilih secara purposive random sampling. Hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis awal siswa diukur menggunakan tes esay. Hasil pengujian validitas dan realibilitas tes hasil belajar kognitif dan berpikir kritis menunjukan hasil yang valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan ANOVA satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan, ada perbedaan sangat signifikan hasil belajar kognitif antara siswa berpikir kritis tinggi dan berpikir kritis rendah. Hasil belajar kognitif siswa lebih tinggi pada siswa berpikir kritis tinggi daripada siswa berpikir kritis rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...