QALAM: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
Vol 3, No 1 (2022): QALAM: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

Pengaruh Bullying Terhadap Keaktifan Siswa Kelas XI Farmasi Di SMK Teknomedika Plus

Kholisa Fahira (Unknown)
Hervina Maulida (Unknown)
Muhammad Akbar Sudrajat (Unknown)
Rendi Darmawan (Unknown)
Sri Rahayu (Unknown)
Andestend Andestend (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Dampak bullying tidak hanya dirasakan oleh korban bullying, akan tetapi juga berimplikasi terhadap prilaku bullying. Dampak bullying terhadap kesehatan mental korban meliputi rasa marah yang meluap-luap, depresi, rendah diri, cemas, kualitas tidur menurun, nafsu makan menurun, keinginan menyakiti diri sendiri, hingga bunuh diri. Untuk mengetahui ada atau tidaknya tindak prilaku bullying terdapat beberapa pertanyaan, (1) apakah anda pernah menjadi pelaku bullying?, (2) jika anda pernah menjadi pelaku bullying, apakah anda membully bersama dengan kelompok anda?, (3) apakah anda pernah menjadi korban bullying?, (4) jika anda menjadi korban bullying, apakah anda akan memberontak/melawan?, (5) jika ada temen anda yang menjadi pelaku/korban bullying, apakah anda akan melaporkan hal tersebut kepada pihak sekolah?, (6) menurut anda, apakah bisa menggunakan teknologi dan jejaring sosial baru untuk menyakiti orang lain?, (7) apakah menurut anda agresi di antara siswa adalah masalah pusat ini?, (8) pernahkah anda merasa terintimidasi di kelas atau diancam?, (9) apakah anda bersedia melakukan sesuatu untuk membantu orang yang menjadi korban bullying?

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qlm

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

QALAM: Jurnal Pendidikan Islam: Islamic Journal which focused on: 1). Islamic Educational Tought, 2). Learning Curriculum, 3). Education Management, 4). Learning Strategies, 5). Education Policy, 6). Educational Technology, 7). Islamic Borading School, Madrasah and Educational ...