Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 1 (2022): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 2 BERKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Emilia Fitri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Cici Megareta (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Tutut Handayani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Tastin Tastin (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Agra Dwi Saputra (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Jan 1970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik pada pelaksanaan pembelajaran PAI kelas V di SDN 2 Berkat, (2) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai karakteristik gaya belajar peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran PAI kelas V di SDN 2 Berkat, (3) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik pada penerapan metode dalam pelaksanaan pembelajaran PAI siswa kelas V di SDN 2 Berkat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru dalam kegiatan pembelajaran yang mendidik sudah cukup baik, mulai dari perencanaan pembelajaran yang sudah sesuai dengan kurikulum 2013 serta implementasi pelaksanaan pembelajaraan yang berurutan sesuai dengan RPP (2) kompetensi pedagogik guru dalam menguasai karakteristik gaya belajar siswa sudah memiliki kemampuan yang amat baik dalam memahami karakteristik gaya belajar siswa mulai dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. (3) kompetensi pedadgogik guru dalam penerapan metode terbukti bahwa guru mampu dan sudah sangat baik menerapkan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan pada pembelajaran PAI mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru dapat melakukannya sesuai dengan langkah- langkah penerapan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode penugasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

limaspgmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan ...