Natural Science Education Research (NSER)
Vol 4, No 3 (2022): Natural Science Education Research

Analisis Hubungan Kemampuan Metakognisi dengan Kemampuan Pemecahana Masalah pada saat Pandemi Covid 19

Aldiono, M. (Unknown)
Muharrami, Laila Khamsatul (Unknown)
Rosidi, Irsad (Unknown)
Ahied, Mochammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada saat pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi Product Moment. Penelitian ini dilakukan di Desa Tamberu Barat dengan jumlah sampel 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket MAI (Metacognitive Awarenes Inventory) untuk kemampuan metakognisi dan soal tes pemecahan masalah untuk kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan signifikansi sebesar 0,033 kurang dari 0,05, nilai rhitung sebesar 0,534 lebih dari ttabelĀ  = 0,3494 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat hubungan antara kemampuan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah pada saat pandemic Covid 19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...