Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 2 No. 3 (2022): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 WONOSARI

Alisrani, Meidina (Unknown)
Friansyah, Drajat (Unknown)
Firduansyah, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari setelah diterapkan model Discovery Learning. Nilai rata-rata tes akhir siswa sebesar 69,59 serta persentase siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa (85,71%). Metode penelitian yang digunakan berbentuk eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari serta sekaligus sebagai sampel penelitian yang berjumlah 28 Siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik sampling jenuh dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan = 5% dan dk = 27 menunjukkan zhitung = 5,13 > ztabel = 1,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika Siswa kelas IV SD Negeri 4 Wonosari setelah penerapan model pembelajaran Discovery Learning signifikan tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...