Educational Technology Journal
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1, April 2021

PENGEMBANGAN BAHAN DARING MATA KULIAH DESAIN PESAN BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Utari Dewi (Universitas Negeri Surabaya)
Khusnul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)
Alim Sumarno (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Bahan Ajar Daring mata kuliah Desain Pesan dengan menggunakan fasilitas vi-learning yang telah disediakan oleh Universitas Negeri Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D Model oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Tahapan pengembangan meliputi define, design, develop, desiminate. Pada setiap tahap dilakukan evaluasi dan revisi dengan tujuan melihat hasil tahapan pengembangan yang ditujukan untuk melakukan tahap selanjutnya. Dari hasi validasi ahli materi dan ahli media didapatkan data masing –masing 87,5% dan 85,7%, sehingga bahan ajar daring layak digunakan. Sedangkan uji coba pengguna didapatkan data berdasarkan aspek tampilan menunjukkan prosentase 50% dengan kriteria cukup dan kualifikasi cukup layak, aspek penyajian materi menunjukkan prosaentase 85,4% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak dan aspek manfaat menunjukkan prosaentase 95,8% dengan kriteria sangat baik dan kualifikasi sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan bahan ajar daring mata kuliah desain pesan dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

etj

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Technology Journal (ETJ) is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is ...