RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

PENERAPAN KREATIVITAS GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA STICK ES CREAM DI MIS AZ-ZUHRI TANJUNG MORAWA

Haidir Haidir (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nirwana Anas (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dandi Irawan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Nurhalizah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sitti Isni Azzaah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Titik Ningsih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Kreativitas guru sebagai upaya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran dan pendidikan yang lebih baik. Guru dituntut tidak hanya mampu menguasai materi pengajaran dan pembelajaran saja. Akan tetapi, guru juga harus dapat memhami sejumlah model dan desain pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran akidah akhlak terdapat beberapa aktifitas yang dilakukan oleh guru akidah akhlak. Diantaranya yaitu; guru menyiapkan bahan ajar seperti RPP, metode mengajar yang bervariatif, dan pemanfaatan media pembelajaran. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui kreativitas guru mengajar di MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa berdampak pada motivasi belajar siswa yang terus meningkat dengan menggunakan media pembelajaran sebagai alat untuk mendorong semangat dan minat belajar siswa di sekolah. Oleh karena itu, sarana dan prasarana, serta metode yang digunakan juga sangat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menerima pembelajaran di kelas. Utnuk itu pentingnya seorang guru memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan media pembelajaran menjadi media yang bervariasi dan inovasi guna menjadi daya tarik bagi siswa dalam belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...