Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 7, No 1 (2022): Bioedusiana

Pemanfaatan Media Augmented Reality Berbasis Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa

Rahmat Fauzi (Universitas Islam Jember)
Diah Sudiarti (Universitas Islam Jember)
Benny Afandy (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengalami perubahan besar pada bidang pendidikan yang menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring sehingga mahasiswa kurang tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada penggunaan media Augmented Reality materi sistem ekskresi pada mahasiswa biologi semester VI Universitas Islam Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus memiliki 4 tahapan berupa 1). Perencanaan, 2). Pemberian tindakan, 3) Observasi, 4). Refleksi. Sampel penelitian yang di gunakan adalah mahasiswa semester VI Universitas Islam Jember sebanyak 20 mahasiswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan media pembelajaran Augmented Reality dapat meningkatkan minat belajar mahasiswa Universitas Islam Jember. Berdasarkan persentase minat belajar yang di peroleh dari data angket minat belajar yaitu pra-siklus sebanyak 64% dan pada siklus 1 sebanyak 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...