Berajah Journal
Vol. 2 No. 4 (2022): November

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 14 JEUNIEB

Mayske Rinny Liando (Universitas Negeri Manado)
Grace Engelin Kuron (Universitas Negeri Manado)
Kiki Roewaida (SDN 14 Jeunieb)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas lima SDN 14 Jeunieb Kabupaten Bireuen menulis puisi dengan media gambar. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui tahap perencanaan: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek mata pelajaran ini yakni 25 siswa kelas V di SDN 14 Jeunieb Kabupaten Bireuen yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik nontes berupa kinerja penugasan tersebut. Mengolah data menggunakan perhitungan statistik sederhana berupa nilai rata-rata. Unsur-unsur yang dinilai meliputi (1) tema, (2) pesan atau pesan, (3) diksi, (4) bahasa, dan (5) gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas lima SDN 14 Jeunieb Kabupaten Bireuen pada siklus 1 sebesar 74,36 % dan siklus 2 sebesar 88,04 %. Dengan demikian, penggunaan media gambar pada pengajaran menulis puisi dapat digunakan dalam proses belajar-mengajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...