JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 12 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Tantangan Penerapan Pembelajaran Literasi di Sekolah Sasaran Program Kampus Mengajar

Hartatik, Sri Fatmaning (Unknown)
Astuti, Endang Setiyo (Unknown)
Ramadhani, Azza Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan penerapan pembelajaran literasi di sekolah sasaran Program Kampus Mengajar, khususnya sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Data dalam penelitian ini diambil ketika peneliti bertugas sebagai DPL dalam Program Kampus Mengajar 3. Penelitian dilakukan di salah saltu sekolah dasar yang berada di Kabupaten Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati bahwa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran literasi antara lain adalah minimnya ketersediaan bahan lilterasi, minimnya dukungan lingkungan keluarga siswa, dan minimnya movitasi siswa. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada 6 guru di sekolah yang menjadi objek penelitian, bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran literasi hanya terbatas pada buku teks dan LKS. Kemudian, penerapan pembelajaran literasi di kelas dilaksanakan 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dengan metode silent reading.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...