Pendidikan abad-21 menginginkan agar kemampuan literasi sains siswa diupayakan untuk ditingkatkan selain untuk memotivasi siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Kemampuan literasi sains siswa perlu dilatih, karena hingga saat ini sesuai hasil studi PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa secara nasional masih berada pada kategori rendah. Rendahnya kemampuan literasi sains siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya kemampuan guru untuk melatihkan literasi sains, cara mengajar guru, kurikulum, sumber belajar, maupun dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Halmahera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan literasi sains adalah soal-soal tes yang sesuai dengan materi atau konsep yang diajarkan dan disesuaikan dengan indikator literasi sains. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa pada setiap aspek literasi sains yang dijadikan indikator berbeda-beda persentasi peningkatannya yaitu pada aspek konten meningkat sebesar 22,22 %, aspek proses atau kompetensi meningkat sebesar 29,63%, dan aspek konteks meningkat sebesar 25,93%. Pada aspek konteks kebanyakan siswa belum dapat mengaplikasikan konsep fluida dinamis dalam kehidupan sehari-hari karena hasil yang diperoleh masih berada dibawah 65 %. Sementara hasil analisis menggunakan statistik uji N-Gain yang berfungsi untuk menguji peningkatan kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa secara rata-rata kemampuan literasi sains siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 81,48 %, kategori tinggi 11,11% dan kategori rendah 7,41 %. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas XI IPA MAN 2 Halmahera Utara.
Copyrights © 2022