Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui  peningkatan  keaktifan  dan  hasil  belajar belajar peserta didik   dengan   penerapan   metode Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan  tujuan,  pokok-pokok  pembelajaran,  melaksanakan  diskusi  kelompok, latihan  soal, memberikan  motivasi  belajar  dan  kesimpulan  pada  mata  pelajaran   Bahasa  Indonesia  kepada  siswa  kelas X MIPA 1 SMA Nurul Amal Palembang.  Penelitian  ini  merupakan penelitian  tindakan  kelas yang dilaksanakan  dalam 2 siklus.  Setiap  siklus  dilakukan dua  kali  pertemuan dimulai dengan tahapan  perencanaan  tindakan,  pelaksanaan tindakan  metode Problem Based Learning (PBL)  dan  refleksi.  Metode  pengumpulan data  dilakukan  dengan  cara  observasi atau pengamatan.  Analisis  data  dilakukan  dengan perbandingan  antara  hasil tes  pada  siklus 1 dan siklus 2 dengan  teknik  deskriptif. Artinya  dari  data  yang  diperoleh  dalam  penelitian  ini  disajikan  apa  adanya  kemudian dianalisis  secara  deskriptif  untuk  mendapatkan  gambaran  mengenai  fakta  yang  ada dan  mendeskripsikan  sesuai  dengan  fenomena.  Sedangkan  untuk  mengukur  prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dan aktivitas belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Nurul Amal Palembang dalam  pembelajaran  Bahasa  Indonesia mengalami  peningkatan,  hal  ini ditunjukkan hasil observasi dan hasil tes hasil belajar Bahasa Indonesia. Dengan hasil tersebut   maka   disimpulkan   penerapan   metode problem   based   learning   dapat meningkatkan  keaktifan  dan  hasil  belajar  peserta didik  pada  pelajaran  Bahasa Indonesia di Kelas X MIPA 1 SMA Nurul Amal Palembang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022