UNM Journal of Biological Education
Vol 6, No 1 (2022): September 2022

Pengembangan Buku Ajar Berbantuan Kartu Kwartet Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas XI SMA/MA

Salmawati Salmawati (Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar)
Nurhayati B (Universitas Negeri Makassar)
Adnan Adnan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analyze, design, development, implementation dan evaluation. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMAN 1 Wonomulyo kelas XI MIPA 5. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - Juni 2021. Buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan berdasarkan komponen pembelajaran kontekstual yaitu constructivism, questioning, inquiry, learning community, modeling, reflection dan authentic assessment. Buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan kemudian diuji validitas hingga dinyatakan valid oleh validator lalu diimplementasikan untuk mengetahui observasi keterlaksanaan, respon guru dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan (4,7), kepraktisan dari hasil lembar observasi keterlaksanaan berada pada kategori terlaksana dengan baik (4.5), respon guru berada pada kategori sangat positif (90%), respon peserta didik berada pada kategori sangat positif  (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbantuan kartu kwartet yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...