Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Mobile Seamless Learning: Model Pengembangan Kemampuan Literasi Membaca AUD dalam Merdeka Belajar

Adiyati Fathu Roshonah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Erik Yuda Pratama (Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Astuti Darmiyanti (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Rikaro Ramadi (Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Tjahjo Suprajogo (Politik Indonesia Terapan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Annisa Husnul Khotimah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Ditta Fahira (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Nova Tri Cahyanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Siti Luthfia Dewi (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Siti Sarah (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi  dalam pembelajaran  anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran Mobile Seamless Learning (MSL) dalam pembelajaran membaca AUD. Menggunakan metode RnD dengan model ADDIE Dick and Carry : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian melibatkan 30 partisipan  Pendidik PAUD di Jabodetabek. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran MSL dapat digunakan dalam pembelajaran membaca AUD didasarkan pada tiga aspek yakni fleksibilitas, efektifitas pembelajaran, dan kualitas pembelajaran.  Partisipan  merespon positif penggunaan model belajar MSL. Implikasi pedagogis  selama proses penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam model MSL dapat memunculkan potensi peserta didik untuk lebih terlibat dalam proses belajar, meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan literasi siswa melalui informasi dari berbagai sumber.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...