Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah matematika menggunakan bantuan model kecerdasan buatan Chat GPT, dengan fokus pada kasus soal pembuktian. Dalam pembelajaran matematika, soal pembuktian sering dianggap menantang karena memerlukan pemahaman konsep mendalam, logika, dan strategi penyelesaian yang sistematis. Penelitian ini menjawab bagaimana Chat GPT memberikan solusi dan menjelaskan langkah-langkah pemecahan masalah berdasarkan pendapat Polya. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menganalisis interaksi antara pengguna dan Chat GPT saat menyelesaikan berbagai jenis soal pembuktian matematika. Hasil menunjukkan bahwa Chat GPT mampu memiliki potensi besar sebagai alat bantu dalam pemecahan masalah matematika, khususnya soal pembuktian, terutama dalam langkah memahami masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali solusi. Namun, terdapat kelemahan pada langkah merencanakan solusi. Temuan ini memberikan wawasan tentang potensi penerapan Chat GPT dalam mendukung pembelajaran matematika dan mengidentifikasi tantangan yang perlu diatasi untuk optimalisasi penggunaannya di bidang pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024