ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

IMPRECI: INOVASI MODEL PEMBIMBINGAN SEBAGAI UPAYA MENGHASILKAN CALON GURU REFLEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Faisal Faisal (Universitas Negeri Medan)
Masta Marselina Sembiring (Universitas Negeri Medan)
Erlinda Simanungkalit (Universitas Negeri Medan)
Edizal Hatmi (Universitas Negeri Medan)
Stelly Martha Lova (Universitas Haji Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pembimbingan dengan menggunakan model IMPRECI (Introduction, Modelling, Practice, Reflection, and Innovation) sebagai upaya menghasilkan calon guru reflektif di SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berkelanjutan dengan menggunakan pendekatan C-NAR (Collaborative Nested Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan pendokumentasian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, lembar observasi, dan daftar centang dokumentasi. Data uji lapangan dianalisis dengan skor dan dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemudahan penggunaan model IMPRECI menghasilkan nilai rata-rata 3.67 dengan kategori Sangat Praktis dan tingkat efektivitas pembimbingan menggunakan model IMPRECI dikategori Sangat Efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...