Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam
Vol 20 No 2 (2022): Juli

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Salam, Agus (Unknown)
Kaharuddin, Kaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Abtrak: Usaha terencana dalam memanipuli berbagai sumber belajar merupakan tugas mulia pendidik untuk mengarahkan peserta didik melibatkan potensi jiwa (emotional dan mental) sehingga mengarahkannya untuk memiliki konsep yang tepat tentang diri, tuhan serta lingkunganya dalam bereksistensi menuju titik cerdas dalam berihlas, cerdas dalam berbuat serta cerdas dalam bersabar. Analisis dan identifikasi kebutuhan pembelajaran merupakan kompetensi utama sebagai langkah awal tugas mulia sang pendidik, karena dengan demikian bisa pembelajaran yang mengarah pada titik kelemahan dapat teratasi. Pembelajaran bukan kegiatan asal jadi tapi merupakan kegiatan keilmuan yang memiliki landasan sebagai daya inovasi, juga telah melewati uji kelayakan sebagai standar keyakinan valid, praktis dan evektif. Tulisan ini memaparkan hasil identifikasi dan analisis kebutuhan, teori pendukung model, kerangka pemikiran, tahapan pengembangan, sintak, pripsip reaksi system sosial serta produk perangkat pembelajaran model pembelajaran berbasis kooperatif group Invetigation.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kreatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Other

Description

Kreatif : Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Muhammadiyah Bima. Jurnal ini memuat kajian-kajian keislaman yang meliputi Studi Pemikiran pendidikan Agama Islam. Terbit dua kali setahun, yaitu bulan Januari dan ...