Dalam pembelajaran di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada kelas 4, 5, dan 6 SD tertulis tentang kompetensi dasar yaitu menunjukkan perilaku ilmiah. Beberapa permasalahan untuk mewujudkan perilaku ilmiah dalam pembelajaran IPA yaitu terbatasnya alat peraga praktikum di sekolah mitra. Disamping itu pengetahuan guru tentang pemanfaatan energi matahari masih kurang serta belum tersedianya trainer/alat peraga pembelajaran sel surya beserta modul praktikumnya yang sesuai dengan siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari pengabdian ini adalah menyediakan alat peraga dengan sentuhan teknologi terkini sehingga dapat meningkatkan kapasitas pembelajaran siswa khususnya tentang pemanfaatan energi matahari menggunakan sel surya. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi: (a) Survey lapangan di lokasi SD Negeri Bareng 3 Kota Malang, (b) Pembuatan Prototype Trainer Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), (c) Pelatihan dan supervise kepada guru pengampu pelajaran IPA kelas 4, 5, dan 6 SD Negeri Bareng 3 Kota Malang. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian adalah (a) Pengadaan Prototipe Trainer Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 500 Watt AC, (b) Peningkatan pengetahuan guru pengampu pelajaran IPA kelas 4, 5, dan 6 tentang pemanfaatan energi matahari dengan mengunakan sel surya serta pengoperasian PLTS, (c) Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 500 Watt AC sebagai pemasok daya penerangan halaman Sekolah SD Negeri Bareng 3 Kota Malang di malam hari.
Copyrights © 2022