Fenomena yang mengguncangkan seluruh dunia dengan pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan seluruh lembaga pendidikan merubah kebiasaannya dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis faktor peran orang tua dan guru dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19, (2) mendeskripsikan bagaimana kolaborasi peran orang tua dan guru dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, subjek peneliitiannya melibatkan 10 orang tua, dan 5 guru, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis datanya dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data atau verivikasi data, selanjutnya menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor peran guru dan orang tua dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dilihat dari keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar, saat anak mengerjakan tugas sekolah, menciptakan suasana belajar yang nyaman, menjalin komunikasi yang baik, menjadi role model bagi anak, memberi pengawasan dan motivasi untuk anak, memberi nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. (2) Kolaborasi peran orang tua dan guru dalam pembelajaran anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui 3 tahapan pelaksanaan, yaitu Problem Setting, Direction Setting dan implementasi peran orang tua dan guru dalam peoses belajar anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022