Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar

Atep Lesmana (STKIP Purwakarta)
Hany Handayani (STKIP Purwakarta)
Mubarok Somantri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Aisah (STKIP Purwakarta)
Nanda William (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 1 Cadassari  Kecamatan  Tegalwaru  Kabupaten  Purwakarta.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran STAD sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Cadassari yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan uji mann-whitney yang didahului dengan uji analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar IPS siswa. Penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar. Model pembelajaran STAD melatih siswa untuk belajar secara kelompok sehingga memberi kesempatan siswa untuk saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan tugas kelompok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...