Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri 14 pontianak selatan. Menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung pada pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua serta teknik dokumenter untuk hasil belajar siswa. Alat pengumpul data berupa angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,557, antara pola asuh otoriter dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,519, antara pola asuh demokratis dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,516, antara pola asuh permisif dan partisipasi orang tua dengan hasil belajar sebesar 0,448, dan berkategori sedang. rtabel 0,388 dengan taraf signifikansi 5% maka 0,557>0,388, 0,519>0,388, 0,516>0,388, 0,448>0,388. Berdasarkan penelitian, maka disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan partisipasi orang tua mempengaruhi hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022