Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8, No 1 (2016): Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengaruh Model Scientific Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Lingkungan

Lufty Hari Susanto (Universitas Pakuan)
Rita Retnowati (Universitas Pakuan)
Eka Suhardi (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran scientific learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah lingkungan. Studi eksperimen telah dilakukan pada mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Banyaknya sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden. 30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dan 30 untuk kelompok mahasiswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi positif antar faktor model pembelajaran scientific learning serta faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan memecahkan masalah pencemaran lingkungan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The scope of our journal includes (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education, (7) Visual arts, dance, music, ...