Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 5 No 2 (2022): Edusociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 1 KOTA BIMA

Rahmasandi Rahmasandi (SMPN 1 Kota Bima)
Sri Astuti (SMPN 14 Kota Bima)
Azhar Azhar (STKIP Bima)
Irfan Irfan (STKIP Bima)
Nikman Azmin (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu bergambar. Subjek penelitian ini adalah Siswa SMPN 1 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan 2 siklus masing-masing yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen pada kondisi awal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pendidikan ilmu. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa pada kondisi awal ketuntasan belajar hanya mencapai 50,2% pada saat setelah diterapkan model pembelajaran hasil belajar meningkat dengan ketuntasan belajar 91,2% pada silklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bima

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...