Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Muatan 4C pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota

Irwi Fiemi (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Kartono Kartono (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Rio Pranata (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan 4C pada rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan 4C pada tujuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum digunakan dalam tujuan pembelajaran. Muatan 4C pada kegiatan belajar mengajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Collaboation, Communication dan Creativity. Muatan 4C pada instrument penilaian dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum diterapkan dalam instrument penilaian Kata Kunci: analisis, 4C, rencana pelaksanaan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...