Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan 4C pada rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan 4C pada tujuan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum digunakan dalam tujuan pembelajaran. Muatan 4C pada kegiatan belajar mengajar dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Collaboation, Communication dan Creativity. Muatan 4C pada instrument penilaian dalam rencana pelaksanaan pembelajaran tematik kelas VA Sekolah Dasar Negeri 29 Pontianak Kota yang disusun oleh guru terdiri dari muatan Critical Thinking, Communication dan Creativity. Sedangkan muatan Collaboration belum diterapkan dalam instrument penilaian Kata Kunci: analisis, 4C, rencana pelaksanaan pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023