Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 1 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Efforts to Increase Student Learning Outcomes by Using The Brainstorming Learning Method in Class V Elementary School

Heskia Kristin Tamba (Unknown)
Dewi Anzelina (Unknown)
Asnita Hasibuan (Unknown)
Patri Janson Silaban (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstormingpada tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Tunas Harapan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Tunas Harapan Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 28 siswa. Dari hasil penilaian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada prates siswa memperoleh nilai tuntas sebanyak 6 siswa (21,42%). Pada tahap post test siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas (50%). Pada tahap post test siklus II terdapat peningkatan menjadi 23 siswa yang tuntas (82,14%). Kemudian pada hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memproleh nilai sebanyak (64%) dengan kategori (Baik), siklus II meningkat sebanyak (82%) dengan kriteria (Baik Sekali). Dan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai sebanyak (60%) dengan kategori (Cukup), siklus II meningkat sebanyak (89%) dengan kategori (Baik). Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstormingdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Tunas Harapan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...