Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 2 (2023): JAMSI - Maret 2023

Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis STEM dan Digital Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru SD di Desa Cipondok Kabupaten Kuningan

Ricki Yuliardi (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Siska Firmasari (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yaya Sukjaya Kusumah (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Nurjanah Nurjanah (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dadang Juandi (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Syafdi Maizora (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Sulistiawati Sulistiawati (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Effie Efrida Muchlis (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Eliva Sukma Cipta (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Zatman Payung (Program Doktoral, Departemen Pendidikan Matematika, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Indonesia sebagai negara yang ada dalam regional MEA, harus mempersiapkan diri, agar tenaga kerja Indonesia tidak kalah bersaing dengan tenaga kerja asing. Berdasarkan hasil survey Hasil survei PISA 2018 menempatkan Indonesia di urutan ke 74 atau peringkat keenam dari bawah. Untuk menjawab tantangan tersebut, sebuah kerangka teoritis yang muncul saat ini dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). TPACK merupakan sebuah kerangka untuk mengintegrasikan teknologi dalam mengajar. Salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan adalah model pembelajaran STEM dan Digital Learning. STEM dan Digital Learning dikembangkan sebagai fasilitas belajar dan mengajar matematika dan ilmu pengetahuan dari mulai sekolah dasar sampai tingkat universitas. Sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mengusung program Kabupaten Pendidikan. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul “Pelatihan Pembelajaran Inovatif berbasis STEM dan Digital Learning untuk Guru SD di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran TPACK bagi guru matematika SD di Kabupaten Kuningan dalam menerapkan STEM dan Digital Learning pada pembelajaran matematika. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari beberapa tahap yaitu: perijinan dan analisis situasi, persiapan program (penyususunan modul dan instrumen), pelaksanaan pelatihan STEM dan Digital Learning, penerapan hasil pelatihan (menerapkan STEM dan Digital Learning dalam pembelajaran matematika), monitoring dan evaluasi, pengolahan data, pembuatan laporan, serta publikasi. Hasil yang didapatkan adalah adanya peningkatan kualitas pembelajaran Guru SD di desa Cipondok setelah mengikuti pelatihan ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...