Rendahnya motivasi belajar biologi siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan disebabkan siswa kurang tertarik belajar biologi yang berefek kepada pembelajaran menjadi pasif. Tujuan penelitian ini mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Pencernaan Manusia di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2021-2022. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan sebanyak 30 orang. Teknik instrument data yang digunakan tes dan observasi. Berdasarkan identifikasi motivasi siswa pada siklus I sebesar 72,9%, pada siklus II sebesar 80,8%. Peningkatannya sebesar 7,9%. Berdasarkan tes hasil belajar siklus I, 21 siswa tuntas dengan persentase 70%, siklus II 25 orang siswa tuntas dengan persentase 83,3%. Peningkatannya 13,3%. Disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa serta hasil belajar.
Copyrights © 2023