Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Mengoptimalkan Pembentukan Karakter untuk Anak Usia Dini

Lilianti Lilianti (Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Nurul Idhayani (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendar)
Rohmiati Rohmiati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Adam Adam (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Hermanto Hermanto (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Risnajayanti Risnajayanti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)
Sitti Salma (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Kendari)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Karakter tidak hanya dibentuk untuk mengejar kecerdasan akademik saja, namun dibentuk untuk kebutuhan anak di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran yang diterapkan pendidik dalam membangun karakter siswa. Pendekatan kualitatif digunakan pada kegiatan penelitian ini dengan melibatkan informan sebanyak 5 orang guru. Cara mengumpulkan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian peneliti mereduksi data dengan cara membuat rangkuman serta memilih data yang dapat menjawab tujuan penelitian. Tahap selanjutnya  menyajikan data dalam bentuk matriks dan digabungkan dengan informasi yang sudah tersusun agar mudah dicapai, kemudian disimpulkan dan divalidasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakter yang dibentuk di sekolah dilakukan melalui peran-peran yang telah diterapkan oleh guru pada saat proses pembelajaran.  Setelah itu, sekolah melibatkan para orang tua siswa untuk mengawasi anaknya ketika berada di rumah. Akan tetapi dalam hal ini yang menjadi faktor penentu adalah kerjasama antara kedua bela pihak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...