Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 13 No 1 (2023): Edisi Januari 2023

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Informatika/TIK di SMP Al Manshuriyah Pemalang

Ahmad Farhan (Unknown)
Ahmad Furqon (Muntaha Noor Institute)
Nur Alfiah (Muntaha Noor Institute)
Afwan Maula Noor (Muntaha Noor Institute)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran informatika/TIK untuk kelas 7 SMP Al-Manshuriyah Pemalang. Implementasi kurikulum merdeka belajar tersebut didasarkan pada Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022, Permendikbudristek No. 7 Tahun 2022, Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022, Keputusan Kepala BSKAP No.008/H/KR/2022 Tahun 2022, dan Keputusan Kepala BSKAP No.009/H/KR/2022 Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang lebih cenderung untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran informatika/TIK siswa kelas 7 SMP Al-Manshuriyah Pemalang dalam bentuk uraian kata-kata. Analisis Data yang digunakan antara lain Reduksi data, Penyajian Data, dan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahun ajaran 2022-2023 merupakan tahun di mana pertama kalinya diberikan mata pelajaran Informatika/TIK untuk siswa kelas 7 SMP Al Manshuriyah Pemalang di kurikulum merdeka ini. Pada tahun sebelumnya, mata pelajaran Informatika/TIK digantikan mata pelajaran Prakarya pada kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan, dua mata pelajaran tersebut sifatnya pilihan. Sekolah diberikan keleluasaan dalam memberikan salah satu mata pelajaran tersebut. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain metode ceramah, tanya jawab, kerja kelompok dan kuis singkat, serta praktik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...