Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis pidato persuasif khususnya, Kelas IX Abd Rahman MTs Ar-Rahman DDI Galla Raya Pangkep yang mengalami masalah dalam menentukan struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif, dalam mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan metode sinektika untuk meningkatkan keterampilan menulis pidato persuasif. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 55.6 dan meningkat pada siklus II menjadi 76.6 sesuai perencanaan serta diskusi yang dilakukan peneliti dan kolaborator. Hasil peningkatan pembelajaran menggunakan penilaian observasi keaktifan siswa dan aktivitas guru. Hasil observasi keaktifan siswa di siklus I 53% dan meningkat menjadi 86% di siklus II. Hasil observasi aktivitas guru di siklus I 88,15% dan meningkat di siklus II 97,36%. Hal ini menunjukkan bahwa metode sinektika mampu meningatkan keterampilan menulis pidato persuasif dari segi proses dan hasil. Kata Kunci: Peningkatan, Menulis Pidato Persuasif, Metode Sinektika
Copyrights © 2022