Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Lesson Study Menggunakan Model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 2 SD Supriyadi Semarang

Fitri Ratnasari (Mahasiswa)
Veryliana Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Ulin Nikmah (SD Supriyadi Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di kelas 2 SD dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media konkret. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (Action Research). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diukur pada tiga tahap pembelajaran dengan menggunakan Lesson Study, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pada siklus I, sebanyak 58% siswa mencapai hasil yang cukup baik. Pada siklus II, terjadi peningkatan menjadi 79% dengan hasil yang baik, dan pada siklus III, terjadi peningkatan yang signifikan dengan 92% siswa mencapai hasil yang sangat baik. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam muatan Matematika kelas 2 SD Supriyadi Semarang dengan menerapkan Lesson Study.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...