Pandemi covid-19 sedang marak-maraknya di dunia saat ini. Banyaknya negara yang memutuskanmenutup sekolah, perguruan tinggi dan universitas. Begitu pula di indonesia banyak yangmemutuskan menutup sekolah dan perguruan tinggi guna untuk memutus tali rantai penyebarancovid-19, salah satu sekolah di Indonesia khususnya di Kabupaten Kampar, Riau yang memutuskanuntuk menutup sekolah dan melakukan pembelajaran dengan cara daring/jarak jauh adalah MTsNegeri 3 Kampar, aplikasi yang digunakan adalah whatsapp group, dengan menggunakan aplikasiini di harapkan siswa untuk bisa belajar secara aktif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pandemi covid19. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang diberikan kepada 6orang siswa secara online. Hasil penelitian menunjukkan untuk indikator mempunyai inisiatif danmotivasi belajar dan indikator konsep diri/kemampuan diri sebesar 76% di kategorikan baik,sedangkan untuk indikator memandang kesulitan terhadap tantangan, indikator memilih menerapkanstrategi belajar, indikator memahami, menyusun dan mengontrol waktu belajar, indikatormemanfaatkan dan mencari sumber yang relevan sebesar 57% di kategorikan masih rendah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020