Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2023): Maret 2023 - Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Pengelolaan Keluhan Pelanggan dengan Metode H.E.A.T pada Pengusaha Muda Kota Yogyakarta (Home Business Camp)

Asri Sekar Mawar Firdausi (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Shely Rizki Hardiana (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Budi Purnomo Saputro (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Hafidh Rifky Adiyatna (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)
Nina Fapari Arif (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2023

Abstract

Berakhirnya pandemi Covid-19 membuka berbagai peluang bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM. Penataan kembali pada sektor UKM guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dirasa penting. Terlepas dari berbagaimacam aspek yang harus diperhatikan saat pra penjualan, pelaku usaha juga harus memahami pentingnya pelayanan pasca penjualan. Hal ini dimaksudkan agar para pelaku usaha dapat memberikan pelayanan prima bagi konsumennya. Oleh karena itu penyelenggarakan pelatihan terkait pelayanan pasca penjualan menjadi penting. Metode pelatihan yang dilakukan berupa penyuluhan terkait konsep dasar terkini cara mengelola pelanggan pasca penjualan. Pelatihan ini dihadiri oleh 26 pengusaha muda Kota Yogyakarta yang seluruhnya tergabung dalam Home Business Camp (HBC). Secara umum, peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik yang ditunjukkan oleh antusiasme saat melakukan diskusi. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu memiliki pemahaman mendasar terkait pengelolaan konsumen. Selain itu, pelatihan ini juga ditujukan agar peserta mampu melakukan pengelolaan yang baik apabila mendapati keluhan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

altifani

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Nursing Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat. Altifani diterbitkan tiga kali dalam satu tahun, Januari, Mei dan September, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan ...