Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Mei 2023

Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II MIS Anrihu Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

Nurhikmah (Unknown)
Abdul munir (Unknown)
Tasrif akib (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II MIS  Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba  tahun 2022/2023. Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar pada jenjang pendidikan dasar dan sekolah dasar (SD /MI) merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam  undang undang nomor 20 Tahun 2003 Bab I Pasal 1 ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni Kualitatif Deskritif yang mana memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendiskripsikan tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas II MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba . Faktor–Faktor yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan  pada kelas II MIS Anrihu banyak dipengaruhi Malas belajar membaca, lebih asik bermain Solusinya di terapkan guru adalah memberikan inovasi-inovasi baru dalam memebaca permulaan dan memberikan perhatian yang lebih khusu terhadap siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan.Hasil dari penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Guru kelas II dan Siswa kelas II MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten Bulukumba bahwa secara umum dari 10 siswa MIS Anrihu kecamatan kindang kabupaten bulukumba  ada 10  siswa MIS Anrihu  yang mengalamai kesulitan dalam membaca permulaan dan berdasarkan hasil observasi terdapat  20% siswa belum mengenal huruf, 20% siswa belum lancar membaca dan 38% siswa yang kurang dalam membaca nyaring dan pemahaman bacaan yang kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...