Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 7 No 1 (2023)

Pembelajaran plantae melalui pembelajaran reading, questioning, answering (RQA) dan reading, mapping, sharing (RMS)

Rizhal Hendi Ristanto (Unknown)
Nadia ‘Aafiyah Wahyuasih (Unknown)
Erna Heryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Pembelajaran tumbuhan (Plantae) di sekolah diperlukan untuk membekali siswa  untuk mengetahui karakteristik, sistematika dan peranannya dalam mendukung keberlangsungan makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Reading, Questioning, Answering (RQA) dan Reading, Mapping, Sharing (RMS) terhadap penguasaan konsep Plantae. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasy experiment dengan jenis Non-equivalent pretest posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Islam Al-Azhar 4 Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dan terpilih tiga kelas dengan jumlah 100 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal penguasaan konsep Plantae, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik. Kemampuan penguasaan konsep Plantae diukur dengan menggunakan instrumen tes penguasaan konsep Plantae berupa 50 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban. Uji hipotesis dengan one way annova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,160 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran RQA dan RMS terhadap penguasaan konsep Plantae. Diharapkan adanya penelitian lanjutan pada pembelajaran RQA dan RMS pada materi Plantae terhadap aspek lain selain mengukur penguasaan konsep.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...