Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 7 No 1 (2023)

Learning Cycle 7E: Efektivitasnya dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan

Yennita (Unknown)
Fitri Astriawati (Unknown)
Dewi Jumiarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher-Order Thinking Skills (HOTS) penting dikuasai mahasiswa untuk menghadapi berbagai tantangan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dalam meningkatkan HOTS mahasiswa pada materi anatomi tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan rancangan one-group pre-test and post-test design dengan jumlah sampel sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test essay, sementara analisis data menggunakan uji paired sample t-test and Cohen’s d formula. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh signifikan [t(31) = 33.66, p < 0.001] terhadap peningkatan HOTS mahasiswa dengan kategori tinggi (d = 3,81). Oleh sebab itu, model learning cycle 7E efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) mahasiswa pada materi anatomi tumbuhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...